Kamis, 23 Februari 2017

Perintah Dasar Database Pada PostgreSql

 Oke setelah kemarin saya bahas tentang Tool Yang Cocok Untuk Belajar Database . Memang banyak tools yang bisa digunakan untuk membuat sebuah database sederhana. Pada postingan kali ini saya menggunakan tools PostgreSql. Kenapa saya menggunakan PostgreSql, karena tatap antarmukanya memudahkan menurut saya. Tools ini juga menyediakan command line dan GUI, tapi saya lebih ke GUInya karena mudah hehehe. Oke seperti apa dasar - dasarnya?? Berikut ini :
1. Create (Membuat tabel)
Perintah Dasar Database Pada PostgreSql

Pada gambar diatas saya membuat table dengan nama Mahasiswa. Lalu didalam tabel mahasiswa kita bebas membuat tipe data apa saja yang di inginkan, isi tersebut meruoakan atribut. Ingat nama tabel harus konsisten jika huruf besar diawal maka memanggilnya juga harus besar .

2. Insert (Menyisipkan / Memasukkan)
Perintah Dasar Database Pada PostgreSql

Pada tabel Mahasiswa, saya menyisipkan atau menginputkan beberapa nilai atribut yaitu nama, nim dan jurusan, masing - masing menggunakan tipe data yang berbeda.

3. Memanggil tabel atau melihat isi tabel.
Perintah Dasar Database Pada PostgreSql
Untuk melihat semua isi tabel kita gunakan perintah "select * from Mahasiswa". Jika kita hanya ingin melihat nama dan nim berarti kita hanya memanggil menggunakan atribut "select nama,nim from Mahasiswa.

4.Update (Memperbaharui)
Perintah Dasar Database Pada PostgreSql

Perintah Update biasanya digunakan ketika kita ingin merubah data tertentu tanpa menghapus isi data tersebut. Kita atur dulu apa yang ingin diubah datanya lalu masukkan kata kunci dimana nama = 'Mongkey D. Dragon'.

5. Delete (Menghapus data tertentu)
Perintah Dasar Database Pada PostgreSql
Pada tabel saya ingin menghapus data dengan kata kunci nama = 'Mongkey D. Dragon'. Ketika berhasil dan dirunning maka hasilnya sudah kosong dan data terhapus.

Nah itulah dasar - dasar untuk belajar database, jika mengerti tentang dasarnya saja pasti bakal gampang untuk belajar database ke depannya , heheheheh. Jangan lupa baca juga yang ini Program Warung Sederhana Menggunakan Java Netbeans . Atau baca juga yang ini Utak Atik Bahasa C++ Yuk .






0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it