Kamis, 14 Juli 2016

Contoh Program Sederhana Tentang Method Di Dalam Kelas

Pada postingan sebelumnya saya sudah banyka menjelaskan tentang Apa itu method beserta contohnya dalam program. Jadi untuk postingan kali ini, saya akan membahas contoh lain program dari method .Untuk lebih jelasnya perhatikan potongan source code berikut ini :

Lalu ketika di running hasilnya seperti ini :

Logika yang bisa di jelaskan ialah saldo awal yang merupakan atribut  adalah 0. Lalu pada method simpan uang (method yang tidak mengembalikan nilai) menyimpan fungsi (perhitungan lebih tepatnya) dimana saldo tersebut dijumlahkan dengan parameter simpan uang yang berupa Integer jumlah1.
Lalu terdapat lagi sebuah method ambil uang yang menggunakan tipe data (yang mengembalikan nilai karena terdapat return dan tipe data pengganti void)  boolean, didalam method tersebut terdapat sebuah logika dari boolean (boolean itu antara iya dan tidak , tidak bisa iya yang tidak tidak hahahah). Boolean tersebut ialah status,status merupakan logika dari saldo > (lebih besar) jumlah, jumlah di dapat dari parameter boolean ambiluang. Lalu terdapat sebuah kondisi jika status == (Sama dengan) true (benar) lalu proses pernyataan yang ada didalamnya. Itu merupakan logika yang ada di kelas tabungan.
Untuk dikelas main, loh kok masih ada kelas lagi?? iyalah ini kelas dan objek, jadi sudah terdapat tempat masing - masing, kelas untuk membuat method dan atribut sedangkan objeknya dibuat di main class. Silahkan baca di postingan yang ini tentang Kelas dan Objek.
Untuk kelas main, kita buat objek terlebih dahulu. Objek yang saya buat diatas ialah "tab". "tab.saldo" merupakan saldo utama yaitu bernilai 0. "tab.simpanuang" merupakan method yang tadi yaitu untuk menambahkan saldo yang tadinya 0. "status = tab.ambiluang" merupakan pengambilan uang dengan logika dimana jika saldo > jumlah akan bernilai true. Jadi seperti itu penjelasannya, cukup mudah kan. Silahkan dimodifikasi sesuai kebutuhan anda hehehhe. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it