Minggu, 17 Juli 2016

Konsep Inheritance Bab 1

  Inheritance adalah sebuah konsep dimana terdapat sebuah kelas induk (istilahnya dijava itu Superclass) dan terdapat kelas anak (istilahnya dalam java itu kelas turunan / Subclass). Nah Superclass mempunyai turunan Subclass, jadi apa - apa saja yang ada di dalam Superclass, Subclass bisa mewarisi juga. Misalnya Superclassnya kendaraan ,kelas kendaraan mempunyai isi roda, mesin dan bodi. Lalu Subclassnya adalah motor, jadi motor bisa mewarisi isi dari kelas kendaraan yaitu roda , mesin dan bodi. Jadi seperti itu konspe inheritance. Penulisan kelas turunan seperti beikut : "public class 'Subclass' extends 'Superclass' ", terdapat kata kunci extends agar Subclass bisa mewarisi sifat dari Superclass.
Berikut ini contoh penulisannya dalam java :

public class Blog merupakan Superclass sedangkan blog2 merupakan Subclass.

Untuk dapat mengambil warisan yang ada di Superclass, dibutuhkan kata kunci "super" untuk mengaksesnya. Dan satu lagi didalam konsep inheritance biasanya menggunakan hak akses protected supaya bisa diakses oleh kelas turunannya. Tapi jika kalian menggunakan hak akses "public' sepertinya boleh - boleh saja.

Bagaimana, sudah cukup jelaskah dari postingan diatas?? Mudah kok jika kalian niat untuk belajar hehehhe. Sebelum baca yang ini , alangkah baiknya baca terlebih dahulu postingan sebelumnya - Konsep Enkapsulasi dan Contructor Pada Java-.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it