Minggu, 17 Juli 2016

Ngutak - Atik Bahasa C++ Yuk

  Dari judulnya sudah jelas bukan,,nah mumpung lagi buka borland C++ nih jadi ingin sedikit berbagi permulaan C++. Bahasa C++ merupakan bahasa tingkat menengah. Bahasa C++ juga mendukung konsep OOP yaitu pemograman berorientasi objek (Untuk pengertian C++, siapa penciptanya dan lain - lain yang detail kalian bisa searching di google, hehehe capek yang mau jelasin soalnya panjang banget) . Tapi saya kan masih belajar ,jadi masih pemula dan belum begitu mahir untuk mencoba OOP pada pemograman C++ . Sedikit aneh juga sih ketika saya mencoba, karena berbeda dengan java dengan IDE Netbeans dengan tools yang mewah. Program yang saya pakai untuk mencompile code ialah Borland C++ (Padahal ada Visual C++, nah itu sih program dari microsoft untuk OOP dan GUI). Nah tampilan Borland C++ itu seprti berikut ini :

Toolnya itu sudah jelas dari file sampai help, saya sendiri juga bingung bagaimana cara membuat programnya ya?? biasanya kalau dijava kita diminta membuat class , di C++ kok tidak ada?? Ternyata di borland C++ hanya menyediakan sebuah jendela Edit text untuk memasukkan source code. Jadi saya mengambil kesimpulan hehehehehe wehh, kita membuat class sendiri . Nih berikut contoh untuk membuat "hello world" :

Nah untuk membuat programnya agar tidak error ketika di compile (proses membaca pemograman oleh komputer). "#include <iostream.h> " itu saya anggap seperti import di java (import javax.swing.JOptionPane) . "main( )" itu merupakan fungsi tempat kita menaruh source code beserta inputan - inputannya, sama seperti public static void main di java. Memang yah banyak kemiripan antara pemograman java dan C++. Untuk memastikan agar program yang kita buat itu eror atau tidak ,maka terlebih dahulu di compile dengan cara menekan "ALT + F9". Untuk merunning program "CTRL + F9".
Cukup mudah sih kalau sudah dipelajari kisi - kisinya heheheh.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it