Kamis, 14 Juli 2016

Yuk Belajar Konsep Enkapsulasi Dan Constructor Pada Java

 Dari judulnya aja udah keren, ada 2 macam pembahasan yang dibahas dalam 1 postingan hahahah,, asyekkk. Oke oke tenang saja mari kita bahas satu per satu , saya kan ga suka maen keroyokan heheheh.
Yang pertama yaitu Enkapsulasi , enkapsulasi adalah cara untuk menyembunyikan sebuah implementasi didalam kelas, biasanya itu berupa atribut maupun method. Lebih saya tegaskan lagi , enkapsulasi itu pembungkusan dengan kata kunci private, jadi meskipun kita sudah membuat objek di main class selama atribut atopun method tersebut di enkapsulasi maka yang terjadi ialah eror tidak bisa diakses. Berikut contohnya :

Nah terlihat jelas kan ketika di kelas atributnya kita beri enkapsulasi , dikelas mainnya tidak bisa mengakses karena private.
Nah yang kedua kita akan berbicara tentang Constructor . Constructor adalah sebuah method yang berada didalam kelas, lebih tepatnya ialah penginisialisasian didalam kelas dan objek juga. Ciri - ciri dari constructor adalah penulisannya sama dengan nama kelas , pengidentifikasiannya bisa menggunakan hak akses, contructor juga bisa dimiliki oleh banyak kelas selama itu masih turunannya(Overloading Constructor, nanti tak bahas di postingan lain heheh). Berikut contoh penggunaannya :
   -JOptionPane dan Scanner, Apa sih bedanya??-




Nah seperti itu penggunaan Contructor teman - teman semua. Yah mungkin itu saja yang bisa saya tulis untuk postingan kali ini, Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang kurang paham. Dan satu lagi, baca juga ya postingan sebelum-sebelumnya. Semoga bermafaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it