Selasa, 19 Juli 2016

Contoh Program Penerapan Konsep Single Inheritance Pada Java

 Jika kalian belum tahu apa itu inheritance, silahkan baca -Konsep Inheritance Bab 1- . Program berikut ini akan menjelaskan bagaimana penerapan konsep single inheritance itu. Sedikit saya jelaskan sedikit bahwa konsep single inheritance itu menggunakan pola Subclass 1 mewarisi Super class, lalu Subclass 2 mewarisi Superclass, begitu juga dengan Subclass 3. Jadi jika kita menggunakan Constructor pada tiap Subclass 1 maka Subclass 2 tidak bisa mengambil Contructor Subclass 1 begitu juga dengan Subclass 3. Oke tanpa basa - basi lagi langsung to the point ke program :

Kelas pertama saya beri nama class orang , class ini mempunyai constructor method perantara yaitu setter dan getter (Belum saya jelasin yah apa itu setter dan getter).


Pada kelas kedua saya beri nama class Mahasiswa. Karena class Mahasiswa merupakan turunan dari class orang maka class ini mewarisi apa yang dipunya di class orang seperti contructor ,atribut dan method.

Kelas ketiga , yaitu class dosen karena juga merupakan turunan dari class orang maka ia mewarisi juga apa yang dipunya di class orang. Kita sudah punya 3 class, tapi masih belum ada outputnya karena kita belum membuat method main. Nah method main saya buat class sendiri, yaitu class main. Berikut ini classnya :



Karne class turunanya ada 2 dan menggunakan konsep single inheritance, maka pembuatan objeknya juga ada dua seperti gambar diatas. Lalu seperti apa outputnya ?? berikut output yang akan muncul ketika dirunning :


Karena inputan dari penggunanya menggunakan Scanner jadi seperti itu tampilannya beda dengan menggunakan JOptionPane yang sudah tampilan dekstop. Nah jelas bukan penjelasan tentang konsep single inheritance pada pemograman java. Jangan lupa baca juga postingan yang lainnya yah seperti yang ini -Contoh Program Sederhana Tentang Method- .






0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it