Minggu, 03 April 2016

Kegunaan JOptionPane dan Scanner

Haloo sobat programmer pemula semuanya. Kali ini saya ingin membahas salah satu paket perpustakaan pada java pemula tepatnya menggunakan Netbeans. Paket disini dimaksudkan sebagai metode penginputan dari pengguna , tanpa batas lebih tepatnya. Pada Scanner menggunakan paket dari java.util, sedangkan pada JOptionPane menggunakan paket dari javax.swing . Perhatikan perbedaanberikut :


Pada program tersebut saya ingin mencoba tipe String yaitu sebuah karakter atau penamaan. Pada Scanner  penulisannya kita cetak dulu "masukkan nama " lalu kode selanjutnya ialah memasukkan nama yaitu String nam = nama.next();. memasukkan inputannya pun langsung ketika program dijalankan. Sedangkan untuk JOptionPane ia menggunakan sebuah kota dialog windows untuk "Masukkan nama " , lalu bisa dicetak dan panggil selanjutnya. Apabila inputan Scanner dan JOptionPane digunakan bersama, maka ketika di Run , kotak dialog inputan JOptionPane tidak akan keluar pada netbeans tetapi malah kita harus meminimize terlebih dahulu baru muncul kotak dialognya. Gak percaya silahkan dibuktikan sendiri.
Perhatikan program berikutnya ;



Pada program menginputkan nilai tersebut saya menggunakan tipe data Integer dan Double, sebenarnya masih ada tipe data lain seperti Long, Short, Float, saya hanya mengambil 2 saja karena kebanyakan yang 2 itu yang sering digunakan. Pada Scanner dan JOptionPAne mendukung tipe data berupa angka, baik itu integer maupun double. Bisa dilihat dari program diatas bukan. Pada Scanner terdapat kode "nextInt" karena pada cetak tersebut itu merupakan sebuah String jadi ketika melakukan penginputan menggunakan Scanner dengan tipe integer , ketika penginputan "selanjutnya" integer yaitu angka.Sedangkan pada JOptionPane, mengkonversi istilahnya . Maksudnya JOptionPane.Showinputdialog itu merupakan String, tapi penginputannya menggunakan integer maka dari itu di konversikan dulu dengan cara "Integer.ParseInt" maka akan dicetak sebuah inputan integer.

Jelas bukan.??, Yah untuk kali ini hanya itu saja yang bisa saya postingin. Mungkin kalian punya permaslahan seperti ini ,silahkan buka di  Final Project Algoritma dan Pemograman Semester 1.






0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it