Sabtu, 15 April 2017

Cara Membuat Inner Join Pada PostgreSql

 Wah lama tidak update postingan, maklum sedang sibuk - sibuknya kuliah heheheh. Oke, sesuai judul postingan diatas yaitu Bagaimana cara membuat inner joint pada tabel  menggunakan postgresql. Inner Joint merupakan sebuah perintah untuk menggabungkan beberapa tabel menjadi satu, maksudnya adalah ketika kita memiliki atribut di tabel 1 sebagai Primary key lalu atribut pada tabel 2 sebagai Foreign key. Agar bisa digabungkan dan dipanggil atribut yang dibutuhkan ya menggunakan perintah Inner Join pada tabel tersebut. Inner join tidak hanya bisa menggabungkan antar 2 tabel tetapi bisa 3 sampai 4 tabel asalkan terdapat Primary key dan Foreign key pada masing - masing tabel. Oke biar tidak bingung langsung saja ke Postgresql berikut ini :

Disini saya mempunyai 3 tabel yaitu salesperson, customer_ dan orderr. Pada tabel salesperson berikut isinya :
Cara Membuat Inner Join Pada PostgreSql
Pada tabel tersebut yang menjadi Primary keynya adalah nama. Lanjut pada tabel customer_ sebagai berikut :
Cara Membuat Inner Join Pada PostgreSql

Pada tabel diatas primary keynya adalah namaa. Oke lanjut ketabel berikutnya yaitu orderr.
Cara Membuat Inner Join Pada PostgreSql

Pada tabel diatas merupakan tabel yang menyimpan Foreign key dari tabel - tabel sebelumnya. custname merupakan foreign key untuk tabel customer . Sedangkan salespersonname merupakan foreign key dari tabel salesperson. Bagaimana menggabungkan tabel tersebut ?? Tetap sama yaitu pada tulisan diatas sudah dijelaskan dengan cara menhubungkan menggunakan Primary dan Foreign key.Baca disini : Menentukan Primary dan Foreign Key Pada Database Menggunakan PostgreSql  Berikut ini caranya :
Cara Membuat Inner Join Pada PostgreSql

pada tabel tersebut saya memanggil dari tabel salesperson untuk menampilkan nama siapa,age, salary dan amount siapa saja yangada ditabel order.itu hanya 2 tabel untuk 3 tabel tinggal melakukan hal yang sama seperti gambar diatas, hanya tinggal menambahkan primary key dan dan foreign key pada tabel yang akan digabungkan lagi. Inner join sangat cocok jika kita ingin menampilkan dari tabel satu ke tabel lainnya.

Baca juga artikel saya sebelumnya tentang Perintah Dasar Pada PostgreSql.
Semoga bermanfaat






0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it