Sabtu, 15 Februari 2014

Cara memperbaiki DVD Drive yang tidak muncul di Windows 8

Salah satu masalah yang umum dijumpai pengguna windows 8 beta sekarang ini ialah hilangnya ikon DVD drive di My computer maupun di windows explorer. Masalah terjadi setelah kita menginstall windows 8 ataupun mengupgradenya dari windows 7 dan windows 8 tidak mendeteksi adanya DVD drive, karena DVD drive ini tidak muncul baik di windows explorer bahkan di Device manager.
Meskipun kita tidak yakin akan penyebab masalah ini, kita dapat mencoba metode yang akan dijelaskan berikut ini.
Catatan: Bagi yang menginstall windows 8 pada komputer yang baru dirakit, harap periksa terlebih dahulu koneksi kabel dari mabo ke dvd drivenya, mungkin kabelnya bisa jadi longgar.
Cara Pertama:
  1. Jalankan Command prompt dengan hak akses Administrator, caranya: beralik ke start screen, ketik CMD kemudian secara bersamaan tekan tombol CRTL+SHIFT+ENTER untuk mulai menjalankan perintah didalam jendela command prompt.
  2. Setelah didalam jendela command prompt, ketik perintah berikut:
  3. reg.exe add "HKLM\System\CurrentControlSet\Services\atapi\Controller0" /f /v EnumDevice1 /t REG_DWORD /d 0×00000001
    Catatan: Cukup copy/paste perintah diatas kedalam jendela command prompt.

  4. Kemudian tutup jendela command prompt lalu rebootlah komputernya, Sekarang seharusnya kita akan melihat DVD drive pada Windows Explorer serta di Device Manager.
Cara Kedua:
  1. Untuk beberapa pengguna mungkin cara pertama tersebut di atas tidak bekerja, Jika prosedur tersebut di atas tidak bekerja untuk Anda atau jika Anda terlalu malas untuk membuka Command Prompt dan menjalankan perintah, download dan jalankan utilitas gratis yang bernama CD-DVD Icon Repair

  2. CD-DVD Icon Repair adalah alat portabel yang akan membantu kita ketika windows tidak mengenali CD/DVD Drive, meskipun alat ini dirancang untuk windows 7, tapi dapat juga bekerja untuk windows 8. Cukup jalankan program kecil ini, klik tombol ikon Repair CD-DVD dan kemudian restartlah komputernya.
Download CD-DVD Icon Repair

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it